Kenali Jenis-jenis Freon AC

Terdapat beberapa jenis freon atau refrigeran yang digunakan sebagai komponen pendingin pada AC. AC (Air Condisioner) atau pendingin ruangan ini sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat modern. Bukan hanya diperkantoran mewah, hotel, atau penginapan, kini AC juga digunakan di sekolah-sekolah modern, di rumah, bahkan di tempat-tempat makan sperti restauran juga telah menggunakan AC.

Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan AC sebagai pendingin ruangan, tentunya semakin banyak pula Freon yang digunakan. Tidak semua orang tau bahwa kandungan Freon pada AC dapat menimbulkan penipisan pada lapisan ozon, selain itu juga Freon AC sebagai pendingin ruangan berpengaruh terhadap pencemaran udara apabila Freon AC bocor ke udara terbuka.
Membahas mengenai Freon atau refigeran ini, refrigeran ialah fluida yang difungsikan guna mendinginkan lingkungan bersuhu rendah, kemudian membuang panas ke lingkungan yang memiliki suhu lebih tinggi. Diantara refrigeran yang populer saat ini yaitu Freon alias CFC. Freon AC yang umum digunakan saat ini ialah R22, R410A, R32. Berikut ulasan perbedaan antara 3 jenis Freon AC tersebut :

1. Freon atau refrigeran jenis R22 memiliki tabung berwarna hijau, freon jenis ini memiliki potensi pemanasan global yang cukup tinggi. Mulai dari tahun 2015 AC yang menggunakan Freon R22 ini sudah di berhentikan produksinya, namun bagi toko-toko atau dealer AC masih dapat menjual stock AC yang menggunakan Freon R22 ini sampai batas tahun 2030, dimana pemerintah akan secara resmi mengahapus penggunaan R22 di Indonesia.

2. Berbeda dengan Freon jenis R22, Freon jenis R32 ini memiliki tabung berwarna biru. Freon R32 memiliki potensi pemanasan global yang lebih rendah, jadi Freon AC jenis R32 lebih baik untuk digunakan karena lebih ramah lingkungan, sampai saat ini penggunaannya pun masih diperbolehkan.

3. Freon R410 adalah jenis freon ke 3 yang akan kita ulas, Freon R410 ini memiliki tabung berwarna merah muda. Freon R410 adalah inovasi terbaru dari Freon R22, dalam upaya memberikan Freon AC yang lebih ramah lingkungan, maka produsen menciptakan R410. Namun jika dibandingakn dengan R32, jenis R410 meiliki potensi pemanasan global yang lebih tinggi.

Wajib pula kita ketahui, tidak semua AC dapat menggunakan ke tiga jenis Freon AC tersebut. Setiap AC memiliki Freon AC bawaan masing-masing, sehingga apabila Freon AC atau refrigerannya habis, maka harus diganti sesuai dengan refrigeran sebelumnya. Hal ini dikarenakan setiap refrigeran belum tentu cocok atau pas untuk dicampurkan dengan refrigeran lainnya, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada AC itu sendiri. Langkah terbaiknya adalah gunakan AC yang menggunakan Freon AC atau refrigeran yang memang sesuai dengan bawaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *